SEMINAR AKADEMIK DAN PUBLIKASI ILMIAH GUNA MEMECAHKAN MASALAH PEMBELAJARAN

SEMINAR AKADEMIK DAN PUBLIKASI ILMIAH GUNA MEMECAHKAN MASALAH PEMBELAJARAN

            BADUNG, BALI- Tuntutan publikasi dan teknologi bagi para akademisi di perguruan tinggi merupakan suatu keharusan terutama untuk kepentingan belajar mengajar di sekolah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini semakin mendorong berkembangnya penelitian- penelitian ilmiah. Kemajuan penelitian harus diiringi dengan peningkatan kualitas penulisan ilmiah sehingga menghasilkan suatu publikasi yang baik, yang dapat merepresentasikan temuah hasil penelitian.

            Dalam rangka upaya meningkatkan kualitas publikasi, SMA Negeri 1 Kuta Selatan mengadakan Seminar Akademik dan Publikasi Ilmiah yang dilaksanakan pada Jumat (23/10/2021).

            Dikemukakan, publikasi ilmiah dalam dunia akademik khususnya perguruan tinggi merupakan suatu kebutuhan sehingga menyampaikan informasi hasil riset sehingga dapat memberikan kemanfaatan kepada khalayak luas. Maka dari itu, dimana dengan kegiatan tersebut nantinya dapat menghasilkan penelitian- penelitian yang berguna bagi pembaca.

            “Kalau dari segi akademis, gelegar membahana. Artinya, kami dari guru sangat haus tentang inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran itu melalui penyaji, beberapa hal yang luar biasa yang disampaikan oleh penyaji untuk inovasi- inovasi tertentu khususnya di teknologi pembelajaran, sehingga anak- anak kita mendapatkan layanan purna dalam Pendidikan. Apalagi, era kini itu adalah melaksanakan PJJ lebih banyak, sehingga teknologi- teknologi interaktif yang disajikan oleh peneliti dalam ahli penyaji sangat bermanfaat bagi kami. Karena tujuan dari seminar ini adalah mempublikasikan hasil- hasil karya dari rekan- rekan yang telah melakukan penelitian tindakan kelas. Jadi, tentu melalui penelitian- penelitian ini dapat terdiagnosis dan juga permasalahan- permasalahan yang ada.” Ujar Pak Sunaya, selaku peserta Seminar Akademik dan Publikasi Ilmiah.

Wawancara dengan salah satu peserta seminar

Selain memberikan kontribusi untuk pengembangan ilmu pengetahuan, publikasi ilmiah juga dapat mengkomunikasikan data, informasi, dan pemikiran ilmiah seorang maupun penyaji itu sendiri. Selain itu, dengan adanya publikasi juga memenuhi janji hibah penelitian guru- guru untuk naik pangkat.

            “Kalau saya hanya jadi pembicara. Bicara dalam hal ini hanya mengoreksi karya- karya baik guru, sehingga memenuhi persyaratan untuk menaikkan pangkat guru. Disamping itu bermanfaat untuk anak- anak. Jadi intinya hanya mengoreksi, memberi masukan supaya lebih baik lagi untuk kedepannya.” Ucap Pak Surata, selaku pembicara Seminar Akademik dan Publikasi Ilmiah.”

Wawancara dengan pembicara seminar

“Harapan yang utama itu adalah, apa yang sudah disampaikan bisa diikuti oleh guru- guru yang lain dan semua bisa berkarya demi anak- anak bangsa. Sehingga anak- anak bangsa itu betul- betul belajarnya secara merdeka, sehingga sekolah ini bisa mewujudkan pembelajaran secara optimal.” Sambung pembicara seminar tersebut.

            Salah satu cara yang dianggap paling mudah dalam mempublikasikan suatu karya ilmiah, khususnya publikasi ilmiah adalah melalui kegiatan seminar. Dengan adanya seminar ini, diharapkan agar bisa menjadi solusi selama pembelajaran jarak jauh mapun tatap muka.

            “Jika dari sisi penyaji, saya ingin menyajikan karya yang saya buat, tentu denga ada upaya peningkatan mutu pembelajaran dalam kelas, permasalahan- permasalahan yang ada itu dengan kita beralih membuat sebuah karya begini, itu solusi untuk memecahkan permasalahan yang ada. Itu berharap berimbas kepada guru yang lain untuk melakukan hal yang sama. Dari sana akan muncul suatu ide- ide baru untuk bagaimana mengatasi suatu permasalahan yang dihadapi oleh guru di mata pelajaran  masing- masing. Ujar Pak Sudiya, selaku penyaji Seminar Akademik dan Publikasi Ilmiah.

Wawancara bersama penyaji materi seminar

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang berbagi pengalaman dan pada akhirnya akan dapat meningkatkan jumlah artikel publikasi dan juga penelitian- penelitian khusunya bagi para guru- guru.

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment