PENUTUPAN MPLS TP 2021/2022 DENGAN TEMA OSAKA SMART

PENUTUPAN MPLS TP 2021/2022 DENGAN TEMA OSAKA SMART
Pengukuhan Calon Peserta Didik Baru

ACARA PENGUKUHAN CALON PESERTA DIDIK BARU DAN PENUTUPAN MPLS DENGAN TEMA OSAKA SMART “SEMANGAT, MANDIRI, AKTIF, KREATIF DAN TERINTEGRASI”

     Pelaksanaan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Tahun Pelajaran 2021/2022 ini digandengkan dengan pelaksanaan sistem blok kepramukaan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan pendidikan karakter yang lebih baik kedepannya. Pola pelaksaan MPLS pada tahun ini 90 persen menggunakan sistem darin dan 10 persen dengan kegiatan tatap muka yaitu pada saat tes peminatan, namun tetap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan terjadwal. Substansi yang disajikan pada MPLS kali ini yaitu yang pertama mengenal visi misi sekolah dan mengenal sekolah. Yang kedua mengenal kurikulum, pemilihan peminatan SMA, dan cara belajar efektif serta sistem berkelompok di SMA. Yang ketiga pengenalan etika, tata tertib, pendidikan karakter, tata krama, dan budi pekerti serta hak dan kewajiban siswa di sekolah. Yang keempat memanfaatkan IT dalam pembelajaran. Kelima bela negara. Keenam yaitu pendidikan kepramukaan sebagai ekstra kurikuler wajib. Ketujuh gerakan generasi sekolah. Kedelapan sosialisasi mengenai pemilih pemula dari KPU dan P4GN dari BNN. Dan yang terakhir yaitu pengenalan ekstra kurikuler


Penyerahan hadiah kepada pemenang niminasi

     Diangkatnya tema OSAKA SMART “SEMANGAT, MANDIRI, AKTIF, KREATIF DAN TERINTEGRASI” yaitu memiliki makna semangat. Semangat dalam bersinergi, mandiri dalam mengubah kebiasaan untuk menjadi lebih baik kedepan, aktif dalam berkomunikasi, kemudian kita harus membangkitkan rasa kreatifitas, dan kita harus mengintegrasikan segala aktivitas yang kita lakukan. Karena pada abad ke-21 ini kita dituntut untuk memiliki 4C yang berarti and Critical Thinking Problem Solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, Creativity (kreatifitas), Communication Skills (kemampuan berkomunikasi, dan Ability to Work Collaboratively (kemampuan untuk bekerja sama).


Sambutan sekaligus penutupan secara resmi MPLS Tahun Pelajaran 2021/2022

     Walaupun saat ini sedang dilaksanakannya PPKM, sehingga kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) harus dilakukan secara online, namun hal tersebut tidak mengurangi makna. Semua sesuai dengan rencana, namun strateginya yang berbeda. Disini tentu membutuhkan tenaga yang ekstra terkait kesigapan, pemantauan terhadap peserta didik, tetapi yang terpenting kita dikondisi seperti saat ini, kita harus menyesuaikan. Jadi menurut Ibu Dra. Luh Made Sri Yuniati, M.Pd selaku kepala sekolah SMA N 1 Kuta Selatan, pelaksaan MPLS tahun ini tidaklah menjadi masalah. Walaupun online, tetapi tetap bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Source : Jurnalistik Osaka

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment