Pelaksanaan Tes Peminatan di SMA N 1 Kuta Selatan TP 2021/2022

Pelaksanaan Tes Peminatan di SMA N 1 Kuta Selatan TP 2021/2022

     Baru saja sekolah menerima siswa baru dari pendaftaran PPDB online, yang artinya ratusan calon peserta didik tingkat SMA yang telah diterima harus melakukan tes peminatan guna memilih jurusan.

     Bagi calon siswa SMA tentu sudah tidak asing lagi dengan jurusan IPA, IPS maupun IPB atau yang dikenal dengan nama kelas Bahasa. Calon peserta didik baru diharapkan agar memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Pemilihan jurusan dilakukan dengan cara tes peminatan.

Tak terkecuali SMA Negeri 1 Kuta Selatan yang sedang melaksanakan tes peminatan pada tanggal 15 hingga 16 Juli 2021. Tes peminatan sendiri bertujuan untuk memilih dan menetapkan minat kelompok mata pelajaran, lintas mata pelajaran dan pendalaman mata pelajaran yang diikuti pada satuan.

Kegiatan tes peminatan diadakan di masing-masing kelas yang telah ditentukan oleh panitia MPLS, sedikitnya ada 10 gugus dan berjumlah kurang lebih 180 orang peserta yang mengikuti tes peminatan pada hari Jumat, 16 Juli 2021.

     Hasil tes peminatan dapat dipergunakan sekolah sebagai salah satu data untuk memilih program siswa. Hal ini dilaksanakan dalam rangka memfasilitasi kebutuhan siswa supaya kelak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Namun, tes peminatan peserta didik baru sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi Covid-19 dan kondisi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang menyebabkan tes peminatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Perbedaan tes peminatan di SMP dan SMA itu, kalau di SMP mungin tidak terlalu menjurus. Jadi mungkin tidak terlalu susah peminatannya. Kalau di SMA ada jurusan, jadi lebih harus sering belajar agar bias menjawab tes.” Ujar Anggy Septyani, salah satu peserta tes peminatan.

Jika tes peminatan sebelum-sebelumnya menggunakan alat tulis seperti buku dan pulpen, maka tes peminatan kali ini menggunakan handphone

“Selama tes peminatan tadi, tidak ada kendala.” Sambung Anggy Septyani

Harapan kedepannya semoga calon peserta didik baru dapat menoreh prestasi sebanyak-banyaknya, agar bisa membanggakan dan mengharumkan nama baik SMA Negeri 1 Kuta Selatan.

Source : Jurnalistik Osaka

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment