PELAKSANAAN KEGIATAN PROMOSI KESEHATAN GUNA MENCEGAH COVID-19

PELAKSANAAN KEGIATAN PROMOSI KESEHATAN GUNA MENCEGAH COVID-19

BADUNG, BALI – Hampir dua tahun masyarakat Indonesia dan seluruh dunia menghadapi pandemi Covid-19. Sebuah kenyataan bahwa Covid-19 tidak akan dengan mudah hilang dari Indonesia dan negara- negara lainnya dalam waktu cepat, merupakan hal yang harus diterima serta disikapi dengan bijaksana oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia. Dengan demikian, pemerintah terus megingatkan masyarakat untuk mematuhi protocol kesehatan.

Salah satu upaya pemerintah adalah dengan menghimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Tujuan vaksinasi sendiri adalah untuk menurunkan angka penularan dan kematian akibat Covid-19, juga mendorong terbentuknya herd immunity.

Dalam rangka meningkatkan program vaksinasi guna meningkatkan pencegahan Covid-19, pemerintah membagi beberapa kelompok yang digolongkan berdasarkan tingkat urgensinya dalam menerima vaksin. Saat ini, pemerintah dan seluruh jajaran yang terlibat dalam penanganan Covid-19 dan program vaksinasi, sedang memberikan titik fokus perhatiannya kepada kelompok disabilitas untuk segera melakukan vaksinasi, salah satunya adalah Bali.

Pada Selasa 28/09/2021, berlangsung kegiatan pelaksanaan kegiatan promosi kesehatan yang bertempat dilapangan tengah SMA N 1 Kuta Selatan, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali beserta Kepala Sekolah SMA N 1 Kuta Selatan, juga beberapa siswa yang turut serta hadir dalam acara talkshow  “Penerapan Protokol Kesehatan di Tatanan Sekolah Dalam Rangka Pembelajaran Tatap Muka Terbatas” sebagai topik utama yang dibahas.

“Cara bagaimana kita bisa melaksanakan PTM dalam kondisi pandemi tapi tidak berpotensi menimbulkan peningkatan kasus. Sehingga pentingnya bagaimana proses mitigasi dari awal mencegah terjadinya kasus. Kemudian yang kedua, jika ada kasus, bagaimana penanganan secepat mungkin sehingga tidak meluas kasus tersebut tentu perlu kerjasama yang sangat erat antar semua pihak. Itu intinya adalah kerjasama semua sektor untuk bagaimana penanganannya berjalan dengan baik.” Ujar Bapak Dinas Kesehatan Kabupaten Badung.

Wawancara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung

Promosi kesehatan memiliki peran penting dalam menyediakan informasi yang tepat terkait Covid-19 dan mengarahkan masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan penularan Covid-19 ini. Paparan tentang “Penerapan Protokol Kesehatan di Tatanan Sekolah Dalam Rangka Pembelajaran Tatap Muka Terbatas” diharapkan dapat mendorong berkembangnya gaya hidup sehat dimulai dari lingkungan sekolah, terlebih PTM akan segera dilaksanakan dan akhirnya berdampak lebih luas bagi masyarakat.

“PTM ini sangat penting. Jadi jika ini bisa berjalan dengan baik, tentu kita akan berlanjut ke PTM yang tidak terbatas. Caranya adalah dengan taati protokol kesehatan dengan baik, 3 M jalankan dengan baik. Memakai masker, menggunakan handsanitizer atau mencuci tangan, menjaga jarak yang aman dengan teman-teman.” Sambung Bapak Dinas Kesehatan Kabupaten Badung.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penampialn bondres sebagai media untuk mensosialisasikan promosi kesehatan yang sukses membuat semua yang hadir dalam acra tersebut terhibur.

“Tanggapan saya tentang talkshow tadi yang pertama sangat bagus, penyampaian materinya sangat tepat, sangat lancar dan mudah dipahami. Kita juga diberitahu banyak pengetahuan tentang cara menanggulangi Covid-19 ini.” Ujar salah satu siswa yang turut menghadiri acara ini.

Wawancara dengan salah satu siswa

Harapan kedepannya, semoga Covid-19 ini segera berlalu dan sekolah- sekolah segera dibuka agar kegiatan pembelajaran tatap muka bisa segera dilaksanakan diseluruh sekolah yang ada di Indonesia.

Source : Jurnalistik Osaka

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment