OSAKA MANGROVE 2021

OSAKA MANGROVE 2021

PERINGATI HARI BUMI MELALUI OSAKA MANGROVE 2021

    BADUNG, BALI — Pandemi Covid-19 rupanya tidak menjadi penghalang bagi para pecinta alam untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan. Seperti yang dilakukan siswa dan siswi SMA Negeri 1 Kuta Selatan pada Jumat (30/04/2021).

    Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia yang ke-51, SMA Negeri 1 Kuta Selatan mengadakan aksi peduli lingkungan bertajuk “OSAKA Mangrove 2021” yang berlokasi di Kampoeng Kepiting, Tuban. Aksi peduli lingkungan ini menjadikan penanaman bakau sebagai kegiatan utama. Dengan mengusung tema “Protect The Mangrove That Help Protect Our Island”, kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta dan panitia dari masing-masing cabang ekstrakurikuler, seperti OSIS, Pramuka, SISPALA (Siswa Pecinta Alam), dan Paskibra, serta melibatkan beberapa Guru dan perwakilan dari Jegeg Bagus OSAKA.

Kegiatan ini dilaksanakan agar para peserta dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan.

Rangkaian kegiatan “OSAKA Mangrove 2021” ini pun terbilang seru, karena mengajak para peserta untuk bermain games sebelum kegiatan penanaman bakau dimulai. Games yang diadakan adalah Pesan Berantai dan Estafet Air yang semakin membuat kegiatan ini menarik dan seru. Selain itu kegiatan ini juga diisi dengan penampilan musik dari siswa SMA Negeri 1 Kuta Selatan sebagai hiburan di tengah kegiatan makan bersama.

Tidak sampai di situ, aksi peduli lingkungan ini juga dihadiri oleh Bapak Agus Diana selaku Pihak Pengelola Mangrove. Di kesempatan itu, beliau sedikit menjelaskan tentang jenis-jenis dan manfaat dari Hutan Mangrove. Selain itu, Bapak Agus Diana juga menguraikan tentang cara menanam bakau yang baik dan benar, demi keberhasilan penanaman yang dilakukan.

“Harapannya nanti supaya apa yang kita bagikan hari ini bisa dilanjutkan ke generasi-generasi berikutnya.” Ucap Bapak Agus Diana

Beliau juga berharap agar kegiatan “OSAKA Mangrove 2021” ini dapat dilanjutkan di setiap tahunnya, agar generasi berikutnya dapat terus melanjutkan program ini hingga sepuluh tahun ke depan, bahkan lebih.

Menurut Ibu Dra. Luh Made Sri Yuniati, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kuta Selatan, penanaman bakau sangat penting dilakukan, sebab dapat mengatasi abrasi dan mengurangi dampak tsunami, serta yang paling penting adalah sebagai penyumbang oksigen di tengah kepadatan penduduk. Beliau juga menambahkan bahwa sekecil apapun proses pembelajaran yang di dapat pada saat kegiatan berlangsung, menjadi sangat penting bagi anak-anak untuk menanamkan rasa cinta lingkungan, sehingga bisa diterapkan dalam diri.

    Kegiatan yang sebelumnya sempat tertunda akibat Pandemi Covid-19 ini berlangsung baik dan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, seperti mencuci tangan dan pengecekan suhu tubuh sebelum kegiatan berlangsung.

Kegiatan ini secara tidak langsung dapat dijadikan wadah sebagai ajang kekompakan dan rasa kekeluargaan antar ekstrakurikuler. Selain itu juga dapat menumbuhkan rasa peduli lingkungan serta menambah pengetahuan mengenai hutan mangrove.

Source :

  • Humas SMA N 1 Kuta Selatan
  • Osis SMA N 1 Kuta Selatan
  • Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA N 1 Kuta Selatan

Related Posts

Comments (1)

  • Luh Made Sri Yuniati

    hendaknya kegiatan ini diagendakan setiap tahun dan bisa melibatkan lebih banyak siswa dan dikoordinir dengan baik oleh ekstra Sispala bekerja sama dengan OSIS. Mari terus bergerak untuk selamatkan bumi kita

    Reply

Leave a Comment