DIESNATALIS OSAKA YANG KE-22 SERTA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA DAN DISERTAI DENGAN PELAKSANAAN OSAKA STUDENT FAIR (OSF)

DIESNATALIS OSAKA YANG KE-22 SERTA PERINGATAN HARI  SUMPAH PEMUDA DAN DISERTAI DENGAN PELAKSANAAN OSAKA  STUDENT FAIR (OSF)

DENPASAR, BALI - Pandemi Covid-19 tidak menurunkan semangat dalam penyelenggaraan Bulan Bahasa yang kembali diperingati pada tahun 2021. Bulan Bahasa diselenggarakan secara rutin setiap bulan Oktober bersamaan dengan adanya Sumpah Pemuda. Acara ini sudah berlangsung sejak tahun 1980 sebagai salah satu upaya untuk memperingati hari lahirnya Sumpah Pemuda. Para pemuda yang pada saat itu berasal dari berbagai daerah, yang mengalami kesulitan jika harus berkomunikasi dengan yang lain, karena keunikan Bahasa Daerah masing-masing. Oleh karena itu, mereka perlu satu bahasa yang dapat dipergunakan untuk melancarkan komunikasi antar sesama, yaitu menggunakan Bahasa Indonesia.

Kegiatan Bulan Bahasa rutin dilakukan untuk melestarikan Bahasa Indonesia yang telah disepakati sebagai bahasa pemersatu dan ditujukan untuk mengingat bahwa kukuhnya Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional bukan tanpa ancang-ancang dan sonder perjuangan. Acara ini juga bertujuan untuk memelihara semangat dan meningkatkan peran masyarakat luas dalam upaya mengembangkan dan membina Bahasa Persatuan serta rasa Nasionalis. 

Dalam rangka pelaksanaan ada 4 sekaligus acara yang dilaksanakan tepatnya di SMA Negeri 1 Kuta Selatan yang meliputi, Perayaan Bulan Bahasa, memperingati hari Sumpah Pemuda, pelantikan Osis serta acara ulang tahun sekolah yang dilaksanakan pada Kamis (28/10/21) dengan mengusang acara “ Osaka Student Fair” (OSF). Acara Osaka Student Fair (OSF) memiliki beberapa lomba yang meliputi, Osaka singing competation, mobile legends, duta literasi, digital funcat, tiktok outfit challenge, tari kontenporer dan video narasi.  

Dalam wawancaranya pada Kamis (28/10/21) Regina menjelaskan bahwa saat pelantikan osis dia merasa tegang karena Ibu Kepala Sekolah turun tangan langsung dalam kegiatan pelantikan tersebut.

Ketua Osis Osaka masa bhakti 2021/2022

“ Kalo soal perasaan sih tegang, karena kita dilantik langsung oleh Ibu Kepala. Tapi pastinya disini kita ngelaksanain gladi. Ya Astungkara kita udah bisa ngelaksanain semuanya secara maksimal.” Ungkap Regina yang merupakan Ketua Osis Osaka masa bhakti 2021/2022

 Regina berharap untuk kedepannya Osis Osaka bisa menjadi lebih baik lagi dan tentunya bisa lebih berkontribusi untuk sekolah serta ingin mengajak siswa dan siswi Osaka untuk lebih aktif dan produktif.

 Pelaksaan gladi dan persiapan acara dari Osaka Student Fair (OSF), sudah dilakukan sejak Senin (11/10/21). Yang dimana Ibu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kuta Selatan menyaksikan secara langsung betapa luar biasanya variasi dan kreatifitas dari seluruh siswa siswinya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kuta Selatan

“ Ibu melihat kreatifitas anak-anak sudah luar biasa, meskipun tidak hadir disini, Ibu juga mengikuti lewat youtube, mengikuti  streaming bagaimana keterlibatan anak-anak dirumah masing-masing. Nah, harapan kita ini tidak mengurangi, karena dilihat dari persiapan dan kita juga sudah mulai dari tanggal 11 kemarin, untuk tahun ini Ibu melihat variasi dan kreatifitasnya sangat luar biasa. Yang sudah Ibu lihat tadi.” Ungkap Ibu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kuta Selatan.

Karena masih dalam situasi Pandemi Covid-19 rangkaian pelaksanaa acara Osaka Student Fair (OSF) dibatasi, yang dilakukan secara online maupun ofline dengan tetap mematuhi prokes yang diberlakukan secara ketat. Pada kesempatan yang ada Ibu Kepala Sekolah menyampaikan agar kita semua bisa bersatu dalam keberagaman yang ada serta bisa bangkit dimasa pandemi yang seperti sekarang ini.

“ Anak - anak sudah semakin terampil dalam live streaming. Jadi semuanya bisa kita ambil hikmahnya yang dirumah bisa mengikuti dan berpatisipasi, kemudian mereka sudah berupaya keras mengirimkan video - video untuk mengikuti lomba. Jadi harapan Ibu seperti tadi yang sudah Ibu sampaikan agar kita bisa bersatu dalam keberagaman dan pasti dalam situasi ini kita bisa bangkit dan tumbuh bersama-sama untuk mencetak anak-anak yang berkarakter.” Tutur Ibu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kuta Selatan.

Ibu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kuta Selatan berharap bisa menyelaraskan tujuan pemerintah, yang berupaya untuk mewujudkan profile pelajar Pancasila dan bagaimana kita bisa melaksanakan konsep merdeka belajar yang sudah diungkapkan oleh pemerintah, serta Ibu Kepala Sekolah mengungkapkan semoga sebagai sekolah penggerak bisa sebagai katalis, agar kedepannya sekolah SMA Negeri Kuta Selatan bisa selalu meningkatkan potensi guru, sehingga potensi dan inovasinya meningkat 

Rangakaian acara ini untuk menyukseskan 4 acara sekaligus yang meliputi : Bulan Bahasa, Hari Sumpah Pemuda, Pelantikan Osis Osaka serta Perayaan Ulang Tahun Osaka yang ke-22.

Source : Jurnalistik Osaka

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment