DHARMA SHANTI DIKALA PANDEMI

DHARMA SHANTI DIKALA PANDEMI

Pandemi Covid-19 menjadi kendala untuk melaksakan kegiatan yang mendatangkan banyak peserta. Nah walupun dalam dikeadaan seperti ini, tidak menghalangi kegiatan Dharma Shanti tetap terlaksana. Karena kegiatan ini masih bisa dilakukan melalui online, yang bisa disaksikan oleh peserta dari rumah masing-masing. Seperti yang dilakukan SMA Negeri 1 Kuta Selatan yang menyelenggarakan acara Dharma Shanti tahun ini pada hari Sabtu (03/04/2021). Acara tersebut dihadiri oleh Dr. Drs. I Gede Rudia Adiputra, M. Ag sebagai narasumber yang merupakan ketua PHDI Kabupaten Badung.

Dalam rangka acara Dharma Shanti yang dilakukan setiap tahunnya, yaitu setelah rangkaian Hari Raya Nyepi. Tema yang diusung dalam acara Dharma Shanti tahun ini yaitu “Dharma Yudha Karma” yang bermakna kita sebagai generasi harus bangkit dan berjuang yang dimana hal ini sangat penting dimasa pandemi seperti ini. Begitu juga bagaimana kita berjuang tanpa mengharapkan hasil dan tentunya semua harus berdasarkan dharma. Tema yang diambil untuk acara Dharma Shanti tahun ini sangatlah relevan jika dikaitkan dengan masa sekarang, dimana kita mendorong semua orang maupun keluarga untuk tetap bersemangat, sehingga kita akan merasa terus mampu berjuang di masa pandemi. Seperti tahun sebelumnya, untuk acara Dharma Shanti tahun ini juga dilaksanakan online dengan melakukan live streaming melalui youtube channel SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Acara Dharma Shanti ini sendiri telah berjalan dengan baik dan juga dikemas dengan sangat menarik. Kegiatan ini disponsori oleh BPD Bali Capem Nusa Dua, Telkomsel dan Kemenag Kabupaten Badung.

Menurut Ibu Dra. Luh Made Sri Yuniati, M.Pd selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Kuta Selatan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk menumbuhkan kesadaran, sebagai umat beragama saling memaafkan sehingga toleransi dalam keluarga SMA Negeri 1 Kuta Selatan ini dapat diperkuat lagi. Kita bisa saling menghargai dan menghormati sesama umat sedharma maupun sesama umat yang lain untuk merekatkan rasa kekeluargaan kita. Dan harapan yang ingin dicapai kedepannya yaitu  bagaimana kerukunan umat beragama di SMA Negeri 1 Kuta Selatan ini tetap terjalin, walaupun dharma shanti ini merupakan rangkaian penyepian, namun sekolah juga telah memiliki suatu program yang yang diberi nama program “Sadar Nama” seperti berbuka puasa bersama, dharma shanti bersama, dan natal bersama, sehingga itu dirangkaikan dengan hari rayanya masing-masing. Program tersebut dilaksanakan guna merekatkan rasa persaudaraan, kerukunan, persatuan, dan kesatuan umat beragama yang ada di SMA Negeri 1 Kuta Selatan ini. Sehingga diantara kerukunan umat beragama di sekolah ini bisa tetap terjaga dengan baik.

Acara ini juga dapat digunakan sebagai bentuk kebersamaan dalam meningkatkan nilai-nilai agama yang berbudi pekerti luhur. Melalui kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Ida Sang HyangWidhi Wasa.

Source : Jurnalistik SMA N 1 KUTA SELATAN & Humas

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment