SAMBUTAN KEPALA SMA N 1 KUTA SELATAN DALAM RANGKA KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Sabtu, 13 Juni 2020

By teknosaka 12 Jun 2020, 20:12:59 WIB Pendidikan

Om Swastiastu,
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam  Sejahtera bagi kita semua,
Syaloom, Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan.
 

Yang terhormat, Bapak/Ibu orang tua siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Kuta Selatan

                Puji syukur kita panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena atas berkat rachmatnya kita bisa melaksanakan kegiatan pembagian raport kenaikan kelas  ini meskipun dalam suasana yang sangat sederhana. Kita berharap, ini tidak mengurangi makna dari kegiatan. Situasi saat ini yang memaksa kita harus mengikuti aturan pemerintah, yang tentu saja ini semua untuk kebaikan kita bersama.

                Bapak/Ibu orang tua siswa yang berbahagia, terimakasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk menghadiri undangan kami dalam penerimaan raport kali ini. Memang seharusnya, raport ini dibagikan secara online, sesuai dengan instruksi Disdikpora Bali, namun kami sengaja menghadirkan Bapak/Ibu selaku orang tua ke sekolah untuk mengambil raport anak-anak, yang tentu saja dengan tetap mengikuti protokol penyebaran covid-19, yaitu dengan wajib memakai masker, mencuci tangan dengan bersih, menjaga jarak, tidak melakukan kontak fisik, dan menghindari kerumunan. Disamping itu tujuan utama kami, adalah memastikan bahwa anak-anak kita dalam kondisi baik-baik saja selama belajar di rumah, dan mendapatkan pendampingan yang optimal dari para orang tua.

                Bapak/Ibu yang kami hormati, ada beberapa hal yang perlu saya informasikan terkait kegiatan, kebijakan dan perkembangan anak-anak kita semester genap tahun pelajaran 2019/2020, diantaranya:

  1. Ucapan terimakasih yang mendalam atas kepercayaan yang bapak/ibu berikan kepada kami dalam membina dan mendidik anak-anak kita. Yang tentu saja, bagaimana proses pembinaan bisa bapak/ibu rasakan di saat anak-anak belajar di rumah, dimana sebagian pendampingan berpindah ke orang tua. Semoga itu menjadi cerminan, bagaimana sesungguhnya kami membina dan mendidik anak-anak kita di sekolah, agar bisa menjadi anak yang berkarakter.
     
  2. Dalam masa BBDR, anak-anak kita berproses dalam pembelajaran dan penilaian secara online. Untuk itu sekolah telah mengambil kebijakan dengan memfasilitasi anak-anak kita melalui program pembelajaran Ruang Guru yang include bebas kuota dari telkomsel, dan pemberikan kartu telkomsel beserta kuota gratis bagi anak-anak untuk mengikuti Penilaian Akhir Tahun. Mudah-mudahan anak-anak sudah menginformasikan kepada orang tuanya. Semua biaya itu dibebankan kepada sekolah melalui anggaran BOS
     
  3. Kegiatan ekstra kurikuler selama BBDR tetap dilakukan di rumah, dalam bentuk pelatihan praktek kepada anak-anak kita sesuai dengan ekstrakurikuler yang diikuti.
     
  4. Kegiatan Dharma Santhi dan Pelepasan siswa kelas XII juga dilakukan secara online
     
  5. Kami mohon maaf, banyak guru-guru terpaksa menghubungi orang tua jika ada anak-anak kita yang lalai dalam mengerjakan tugas, ataupun dengan alasan tertentu tidak ikut/terlambat login selama penilaian. Ini membutuhkan kerjasama yang sangat keras bagi kita dalam pengawasan anak-anak, mengingat masih ada beberapa siswa kita yang belum terbentuk rasa tanggung jawabnya. Untuk itu terimakasih banyak keterlibatan orang tua dalam pengawasan, sehingga sampai pembagian raport ini semua anak-anak kita mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Kita berharap, ini bisa dijadikan evaluasi bagi kita semua untuk perbaikan kedepannya.
     
  6. Terkait pembayaran SPP dan administrasi sekolah, perlu kami informasikan, meskipun dalam situasi belajar di rumah, hampir semua program yang telah kita rencanakan dapat terlaksana dengan baik, dan tentu saja dengan beberapa pengalihan sumber dana, yang lebih banyak difokuskan dalam penanganan masa covid-19, dan penataan kebersihan sekolah. Dukungan biaya itu tetap kita butuhkan, mengingat juga adanya pengurangan anggaran dari APBD yang terkena rasionalisasi anggaran. Untuk itu, bagi yang sudah mampu mari kita bersinergi untuk saling melengkapi, bagi yang mengalami kendala silahkan berkomunikasi dengan baik terhadap sekolah. Kita berharap dapat bekerja sama dengan baik, saling menguatkan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, tentu saja tanpa melalaikan anak-anak kita.
     
  7. Kami ucapkan selamat bagi anak-anak yang sudah naik kelas dan berprestasi, berapapun nilai yang diperoleh anak-anak, itu adalah hasil kerja kerasnya, mohon tetap bersyukur. Kita tidak perlu membading-bandingkan anak kita dengan anak yang lainnya, mengingat setiap anak memiliki potensi masing-masing. Orang tua bisa membandingkan nilai dengan KKM yang ditentukan. Itulah potensi anak kita. Cermati laporan perkembangan anak-anak kita baik dari sikap, pengetahuan dan keterampilan, kegiatan ekstra yang dipilih, prestasi dan kehadiran siswa serta catatan wali kelas. Yang terpenting cermati identitas anak apakah sudah benar penulisannya. Ini sangat penting bagi anak-anak kita.
     
  8. Selama libur semester ini, kami titipkan anak-anak dalam pengawasan orang tua di rumah. Materi pembelajaran dapat diperdalam di Ruang Guru karena siswa masih berlangganan sampai akhir Juli. Beberapa anak ada yang ditugaskan oleh sekolah mewakili lomba-lomba secara online, mohon dukungan orang tua. Kegiatan masuk kembali akan diinformasikan melalui group wa kelas, dan group telegram dari sekolah.
     
  9. Kegiatan pembelajaran New Normal, masih menunggu petunjuk dan arahan dari Disdikpora. Mohon sampaiakan ke anak untuk terus update informasi melalui wali kelas.
     
  10. Untuk buku paket yang dipimjam, mohon dikumpulkan dan disimpan di rumah dulu, sampai ada pengumuman untuk mengembalikan ke sekolah.  

Bapak/ Ibu orang tua siswa yang saya hormati, demikian beberapa hal yang dapat kami informasikan. Sekali lagi sampaikan salam sehat bagi anak-anak kita, ingatkan selalu berada di rumah, dan jika sangat terpaksa keluar ruham tetap ikuti protokol kesehatan.

Selamat naik kelas dan  berprestasi untuk anak-anak kita serta sehat selalu bersama keluarga.

Yogasthah Kuru Karmani Sangam Tyaktva,

Tuhan senantiasa memberkati kita semua, 

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om
 

Kuta Selatan, 13 Juni 2020
Kepala SMA Negeri 1 Kuta Selatan

Ttd

Dra. Luh Made Sri Yuniati, M.Pd
NIP. 19670620 199802 2 004

 

SALINAN




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment